Thursday, 24 April 2014 - Buka jam 11.00 s/d jam 20.30
Home » Uncategorized » CARA PENGGUNAAN BLOWER HOT AIR / SOLDER UAP

CARA PENGGUNAAN BLOWER HOT AIR / SOLDER UAP

26 December , 2012 , Category : Uncategorized

 

Solder uap berguna untuk mengangkat, memasang, mencetak dan mensolder ulang komponen, baik SMD (kelabang), BGA (bola-bola timah) maupun komponen-komponen kecil lainnya. Proses mensolder ulang atau memanasi kaki IC adalah untuk memperbaiki kaki-kaki ic yang mungkin kurang melekat pada PCB dan bukan untuk memperbaiki IC yang rusak. Suhu dan tekanan udara pada solder uap harus diperhatikan agar tidak merusak PCB, dalam penggunaan solder uap diperlukan kecermatan, ketelitian kesabaran dan ketepatan. Cara memegang solder uap harus kuat dan tegak lurus pada komponen yang menjadi target solder.

CARA PENGGUNAAN BLOWER HOT AIR / SOLDER UAP.

Blower merupakan salah satu varian dari Solder. Disebut blower Hot Air karena proses penggunaannya menggunakan udara. Pada blower standar yang digunakan dalam praktikum, terdapat 2 pengaturan. Pengaturan pertama merupakan kekuatan panas (heating) yang akan dikeluarkan melalui mata solder, dan pengaturan yang lain merupakan tekanan (kekuatan hembusan) udara yang akan dipancarkan. Kedua pengatur ini bekerja secara linier satu sama lain. Semakin tinggi suhu udara yang dipancarkan, akan bertambah kuat lagi jika dinaikkan tekanan udara yang akan dikeluarkan.

CARA PENGGUNAAN BLOWER HOT AIR / SOLDER UAP.

Penggunaan blower ini cukup sederhana. Dalam aplikasi proses penyolderan komponen, cara memegang blower persis sama dengan cara memegang solder biasa. Kelebihan utama dari blower ini adalah melelehkan timah dengan udara yang dikeluarkan, bukan dengan batang besi yang digunakan pada solder biasa. Adapun cara penggunaan blower ini adalah:

  1. Pasang kabel Power ke Listrik PLN Tekan Tombol pada posisi ON, untuk menjalankan fungsi blower.
  2. Setelah Blower Hidup, kita dapat mengatur pengaturan yang terdapat pada blower.
  3. Pengaturan pertama merupakan Heating (panas/suhu), sedangkan yang kedua merupakan pengaturan tekanan udara yang akan dikeluarkan.
  4. Putar pengaturan panas pada suhu yang diinginkan, seperti 200 derajat C. Suhu 200 derjat C akan dihasilkan, tetapi tidak akan dirasakan pada ujung solder jika tekanan udara yang dikeluarkan berada diposisi 0.
  5. Untuk Blower Digital, Atur suhu dengan menekan tombol UP dan DOWN. Tekanan udara diatur dengan cara diputar.
  6. Atur tekanan udara sesuai keinginan, seperti pada posisi 1, 2, 3 atau yang lainnya.
  7. Udara 200 derajat C akan dihembuskan dan dapat dirasakan panas yang dikeluarkan. Dalam keadaan seperti di atas, blower dapat digunakan untuk keperluan yang diinginkan.
  8. Penggunaan blower sangat tergantung kepada jenis perangkat yang akan disolder, karena akan sangat berhubungan dengan setingan panas dan tekanan udara blower.


PENGATURAN BLOWER HOT AIR / SOLDER UAP

 

  1. Menghilangkan cairan (mengeringkan) 100-200 derajat, tekanan udara 8 (kencang)
  2. Memanaskan/mencairkan timah dari posisi atas 350-400 derajat, tekanan udara 3 (pilih yg paling pelan)
  3. Memanaskan/mencairkan timah dari posisi bawah 350-400 derajat, tekanan udara 3 (pilih yg paling pelan)
  4. Mengangkat dan memasang komponen 350-400 derajat, tekanan udara 3 (pilih yg paling pelan) Mengangkat Flexibel dari PCB 250-300 derajat, tekanan udara 3 (pilih yg paling pelan)
  5. Mengangkat komponen plastik 250-275 derajat, tekanan udara 3 (pilih yg paling pelan)
  6. Mencetak kaki IC 350-400 derajat, tekanan udara 3 (pilih yg paling pelan)

 

CARA MENGGUNAKAN BLOWER UNTUK MEMBUKA IC SMD

 

  1. IC SMD adalah IC yg kakinya tidak masuk dalam lubang PCB, tapi menempel langsung di atas papan PCB. Seperti pada petunjuk sebelumnya, kita dapat menggunakan blower unutk membuka kaki IC yang tidak dapat dibuka dengan solder biasa. IC-IC ini banyak terdapat pada perangkat komputer, Handphone, dan perangkat teknologi lainnya.
  2. Seting blower sesuai dengan kebutuhan komponen yang akan dibuka.
  3. Persiapkanlah sebuah pinset untuk memegang/menarik komponen yang akan kita buka.
  4. Oleskanlah cairan anti panas (FLUX yg Kental) pada rangkaian atau komponen yang akan di blower, seperti Permukaan IC yang akan dibuka.
  5. Gunakanlah blower untuk melelehkan timah-timah yang menempel pada kaki IC dan papan rangkaian. Arahkan mata blower ke kaki-kaki tersebut.
  6. Semprotkan udara blower hinga Timah benar-benar meleleh, jangan tarik komponen dengan pinset terlalu kuat, karena akan mengakibatkan rusaknya jalur timah pada papan rangkaian.
  7. Setelah timah benar-benar meleleh, goyang badan IC tersebut dengan pinset, kemudian angkat dengan pinset / Vacum Pen.
  8. Proses pembukaan IC pun telah selesai.

share

CARA PENGGUNAAN BLOWER HOT AIR / SOLDER UAP

26 December , 2012 , Kategori : Uncategorized

  Solder uap berguna untuk mengangkat, memasang, mencetak dan mensolder ulang komponen, baik SMD (kelabang), BGA (bola-bola timah) maupun komponen-komponen kecil lainnya. Proses mensolder ulang atau memanasi kaki IC adalah untuk memperbaiki kaki-kaki ic yang mungkin kurang melekat pada... baca selengkapnya

Apa itu Laptop, Netbook dan Notebook?

26 December , 2012 , Kategori : Uncategorized

Mungkin bagi sebagian orang hal ini merupankan sesuatu yang tidak begitu penting. Tapi bagi sebagian orang yang lainnya hal ini cukup membingungkan, apalagi bagi seorang pengusaha dibidang IT yang sedang melebarkan sayapnya. Oleh sebab itulah, kami mengulas sedikit tentang... baca selengkapnya

Permasalahan umum Pada Laptop

29 October , 2012 , Kategori : ACCESSORIES

1.Lcd/Led Gejala : a.Garis horizontal/vertical. Gejala seperti ini,diakibatkan longgarnya fleksibel lcd antara lcd komponen dengan lcd tube.bisa diakibatkan casis lcd sdh tidak presisi lagi.maupun cacat pabrik. Penanganan : Ganti LCD/Led atau ajukan premiun question. b.Layar bergetar/bergetar bebentuk garis/sebahagian/keseluruhan. penyebab... baca selengkapnya

Cara Menganalisa dan Service Laptop

27 October , 2012 , Kategori : ACCESSORIES

Memperbaiki laptop adalah menganalisa gejala masalah secara akurat. Sebagai contoh, beberapa orang akan terburu-buru dan segera membeli baterai baru ketika ber asumsi rusak. Bisa saja hanya masalah kabel atau konektor yang buruk pada kabel listrik, padahal bisa diperbaiki dengan... baca selengkapnya

Flash BIOS Acer Aspire One

24 October , 2012 , Kategori : ACCESSORIES

Bagi anda yang memiliki masalah dengan netbook Acer aspire one ZG5 tiba-tiba netbook mati begitu saja, jika tombol power ditekan tidak ada reaksi apa-apa selain hanya FAN Processor saja yang berputar, indikator lampu tidak nyala sama sekali dan layar... baca selengkapnya

NEC TOKIN OE907 MB Toshiba Satellite M40 HP 520 530 Intel Motherboard Thermal Pad 2cm x 2cm x 0.5mm Keyboard HP B1200 LED 13.3″inch Wide 20pin ASUS U46S WPCE775LAODG
* klik gambar produk
April 2014
M T W T F S S
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Bestsellers


http://twitter-widget.com/blog/button-html/
Hotline : (021) 3336 5557 / 0813 1524 4445 SMS Center : 0896 3997 2516 / 0813 1524 4445 BB Messenger : 24C8A822, 2AB6CC2C, 29ED1A24 admin@susetacomputer.com